Inovasi SI & New Technology




Rangkuman
JURNAL 1.
Menggunakan metode waterfall. Sangat memudahkan siswa atau guru yang menjadi pengguna yang akan menggunakan sistem tersebut. Dimana para pengguna tidak perlu lagi menggunakan cara manual, melainkan sudah menggunakan internet/web yang di buat oleh pembuat sistem. Dimana metode waterfall sendiri adalah, dimana hal ini menggambarkan pendekatan yang sistematis dan juga berurutan pada pengembangan perangkat lunak, dimulai dengan spesifikasi kebutuhan pengguna lalu berlanjut melalui tahapan-tahapan perencanaan (planning), permodelan (modeling), konstruksi (construction), serta penyerahan sistem ke para pelanggan/pengguna (deployment), yang diakhiri dengan dukungan pada perangkat lunak lengkap yang dihasilkan (Pressman, 2012). Tahapan metode waterfall dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

JURNAL 2.
Menggunakan metode UCD. UCD  (user Centered Design) sendiri merupakan paradigma baru dalam pengembangan sistem berbasis web. UCD didefinisikan sebagai "efficiency" the practice of designing a product so that users can perform required operation, service, and supportive tasks with a minimum of stress and maximum of efficiency. Perancangan berbasis pengguna (UCD) adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan filosofi perancangan. Konsep dari UCD adalah pengguna sebagai pusat dari pengembangan sistem, dan tujuan/sifat-sifat, konteks dan lingkungan sistem semua didasarkan dari pengalaman pengguna. Dan memiliki prinsip, 1.) fokus pada pengguna, 2.) Perancangan integrasi, 3.) Dari awal berlanjut pada pengguna, 4.) Perancangan interaktif. Metode ini, memudahkan pengguna untuk tidak membeli barang ke tempat penjualan langsung, melainkan terciptanya e-commerce. Yaitu,proses yang dilakukan konsumen dalam menjual beli barang secara elektronik dari perusahaan ke perusahaan.

Kesimpulan
 Dengan adanya sebuah website yang dibuat oleh pembuat dengan metode waterfall ,juga dapat berguna dalam menyampaikan informasi tentang sekolah sehingga dapat diakses oleh siswa, guru dan masyarakat luas. Dengan aplikasi program yang baru dibuat, penyimpanan data bisa dilakukan dengan aman, mudah dan benar karena data disimpan dalam sebuah database sehingga pengaksesan data dan update data dapat dilakukan secara terkendali. Sistem informasi akademik yang berbasis web dapat digunakan sebagai alat bantu dalam pengelolaan informasi. Sedangkan penerapan metode UCD pada e-commerce, sangat memudahkan pengguna dalam berbelanja online. Sehingga tidak perlu membuang waktu untuk meninggalkan kegiatan, demi membeli atau menjual sebuah barang.

Daftar Pustaka
JURNAL 1.
Koniyo, Andridan Kusrini. 2007. Tuntunan Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntasi dengan Visual Basic dan Microsoft SQL Server. Yogyakarta: Andi. 

Oktavian, Diar puji. 2010. Menjadi Programmer Jempolan Menggunakan PHP. Yogyakarta: MediaKom. 

Sunyoto, Andi. 2007. AJAX Membangun Web dengan Teknologi Asynchronouse JavaScript dan XML. Yogyakarta: Andi. 

Sutabri, Tata. 2012. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi. 

Wahana Komputer. 2013. Adobe Dreamweaver CS6. Yogyakarta: Andi. 

 JURNAL 2.
[1]  Kementerian Komunikasi dan Informasi Indonesia. (8 Mei 2017). Kemkominfo: Pengguna Internet Indonesia  Nomor Enam Dunia. Diambil 7 Juni 2017 dari https://kominfo.go.id/content/detail/4286/penggunainternet-indonesia-nomor-enamdunia/0/sorotan_media 
[2]  UX Mastery. (t.t). UX Techniques. Retrieved May 31, 2016 from http://uxmastery.com/resources/techniques 
[3]  Usability.gov (2004). Usability Testing. Retrieved May 31, 2016 from www.usability.gov/tools /usabilitytesting.html 
 [4]  Widhiarso, Wijang. (2007). Metode UCD (User Centered Design) Untuk Rancangan Kios Informasi Studi Kasus : Rumah Sakit Bersalin XYZ. Jurnal Informatika Vol III No III. 
[5]  Liang, C., Chou, W., Hsu, Y. (2009). A User-Centered Design Approach to Develop a Web-Based Instructional Resources System for Homeland Education. An International Journal. 
 [6]  Laudon, K. C., Travis, J. (2002). E-Commerce: Bussiness. Technology. Society, United States of America: Prentice Hall.
 [7]  Henry, S. L. (2004).  Notes on User-Centered Design Process (UCD). Retrieved January 3, 2017 from http://www.w3.org/WAI/EO/2003/ucd. 
[8]  Nielsen, Jacob (1994). Usability Engineering – Interactive Technologies. Morgan Kauffman. 
[9]  Pressman, Roger. S (2010). Software Engineering: A Practitioner's Approach, Seventh (7th) Edition. New York: McGraw-Hill. 
[10] Putra, R. S. (2015). Pengembangan Personalisasi Website E-Commerce Berbasis Metode User Centered Design. Jurnal Informatika Vol VIII No I. 
[11] Bangor, A., Kortum, P., & Miller, J.A. (2008). The System Usability Scale (SUS): An Empirical Evaluation. An International Journal of HumanComputer Interaction. 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

SISTEM BASIS DATA 2 - Posttest_VC3

PENGERTIAN DARI DATA, SISTEM, SISTEM INFORMASI & PERBEDAAN DARI SISTEM ORIENTASI OBJEK DENGAN SISTEM TERSTRUKTUR