REVIEW JURNAL KEMAJUAN TEKNOLOGI


1. Jurnal KEMAJUAN TEKNOLOGI DAN POLA HIDUP MANUSIA  DALAM PERSPEKTIF SOSIAL BUDAYA.
Di jurnal ini kita bisa menyimpulkan bahwa Dalam era globalisasi, kemajuan teknologi berlangsung sangat cepat sehingga kadangkala manusia tidak sempat untuk beradaptasi dengan kemajuan tersebut. Akibatnya terjadi anomi dalam masyarakat karena mereka tidak mempunyai pegangan hidup yang jelas. Masyarakat yang tidak mampu menguasai teknologi akan mengalami cultural lag dan akan terancam eksistensinya. Kemajuan teknologi ibarat dua sisi mata uang, di mana di satu sisi kemajuan teknologi memberikan banyak manfaat positif bagi manusia untuk mempermudah manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.Namun demikian disisi yang lain kemajuan teknologi menimbulkan efek negatif yang kompleks melebihi manfaat dari teknologi itu sendiri terutama terkait pola hidup manusia dalam dimensi sosial budaya. Teknologi mengancam kematian melalui berbagai penyakit, kerusakan lingkungan,pemanasan global menciptakan ketegangan, memberikan berbagai resiko, belenggu atas diri manusia melalui sistem kontrol yang tersembunyi, dan dehumanisasi.Dan dalam jurnal ini, lebih di tekan kan bagaimana pengaruh positif dan pengaruh negatif dalam majunya teknlogi.

2. Jurnal PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI DIMENSI TIGA UNTUK SISWA SMA KELAS X
Di jurnal ini kita dapat menyimpulkan bahwa Produk yang dikembangkan yaitu media pembelajaran berupa aplikasi Android. Yang juga dapat dioperasikan pada komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows. Installer aplikasi dikemas dalam bentuk compact disc (CD).Aplikasi ini menyajikan enam sub bahasan materi jarak dalam ruang dimensi tiga, yaitu (1) menentukan jarakdua titik, (2) menentukan jarak titik ke garis, (3) menentukan jarak titik ke bidang, (4) menentukan jarak dua garis, (5) menentukan jarak garis ke bidang, dan (6) menentukan jarak dua bidang.  Pada aplikasi ini terdapat beberapa menu utama, yaitu menu kompetensi, prasyarat, materi, evaluasi, glosarium, dan tentang aplikasi. Menu “Kompetensi” berisi kompetensi-kompetensi yang diharapkan akan dikuasai pengguna setelah memepelajari materi yang disajikan pada aplikasi. Pada menu “Prasyarat” berisi sejumlah pertanyaan untuk mengetes pemahaman pengguna akan materi prasyarat yang diperlukan sebelum mempelajari materi yang disajikan. Setelah mempelajari materi yang disajikan pada menu “Materi”, pengguna dapat mengetes pemahaman terhadap materi yang disajikan pada menu “Evaluasi”. Selain itu, terdapat menu “Glosarium” yang berisi beberapa istilah yang terkait dengan materi yang disampaikan. Sementara menu “Tentang Aplikasi” berisi gambaran singkat tentang aplikasi.  Hasil uji kelayakan diperoleh 96,43% untuk ahli media, 89,28% untuk ahli materi, 81,52% untuk praktisi lapangan, dan 83,49% untuk sasaran pengguna. Oleh karena itu, aplikasi yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi dimensi tiga. Media pembelajaran yang dikembangkan memiliki beberapa keunggulan dan kelemahan. Keunggulan media pembelajaran yang dikembangkan, yaitu dapat dioperasikan pada perangkat berbasis Android dan Windows; menyajikan materi jarak dalam ruang dimensi tiga dengan menarik dan mudah dipahami; menyajikan contohcontoh permasalahan yang bervariasi dengan tingkat kesulitan yang bertingkat; penyajian materi dilengkapi dengan gambar dan animasi untuk membantu siswa memahami materi. Selain keunggulan-keunggulan yang telah disebutkan sebelumnya, media pembelajaran yang dikembangkan juga memiliki kelemahan. Adapun kelemahan media pembelajaran yang dikembangkan antara lain tidak dapat dioperasikan pada perangkat mobile dengan sistem operasi selain Android;animasi bangun tiga dimensi belum dalam animasi 3D; dan interaktivitas media masih kurang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SISTEM BASIS DATA 2 - Posttest_VC3

PENGERTIAN DARI DATA, SISTEM, SISTEM INFORMASI & PERBEDAAN DARI SISTEM ORIENTASI OBJEK DENGAN SISTEM TERSTRUKTUR