REVIEW JURNAL KEMAJUAN TEKNOLOGI
1. Jurnal KEMAJUAN TEKNOLOGI DAN POLA HIDUP
MANUSIA DALAM PERSPEKTIF SOSIAL BUDAYA.
Di jurnal ini kita bisa menyimpulkan bahwa
Dalam era globalisasi, kemajuan teknologi berlangsung sangat cepat sehingga
kadangkala manusia tidak sempat untuk beradaptasi dengan kemajuan tersebut.
Akibatnya terjadi anomi dalam masyarakat karena mereka tidak mempunyai pegangan
hidup yang jelas. Masyarakat yang tidak mampu menguasai teknologi akan mengalami
cultural lag dan akan terancam eksistensinya. Kemajuan teknologi ibarat dua
sisi mata uang, di mana di satu sisi kemajuan teknologi memberikan banyak manfaat
positif bagi manusia untuk mempermudah manusia dalam memenuhi kebutuhan
hidupnya.Namun demikian disisi yang lain kemajuan teknologi menimbulkan efek negatif
yang kompleks melebihi manfaat dari teknologi itu sendiri terutama terkait pola
hidup manusia dalam dimensi sosial budaya. Teknologi mengancam kematian melalui
berbagai penyakit, kerusakan lingkungan,pemanasan global menciptakan
ketegangan, memberikan berbagai resiko, belenggu atas diri manusia melalui
sistem kontrol yang tersembunyi, dan dehumanisasi.Dan dalam jurnal ini, lebih
di tekan kan bagaimana pengaruh positif dan pengaruh negatif dalam majunya
teknlogi.
2. Jurnal PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID
SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI DIMENSI TIGA UNTUK SISWA SMA
KELAS X
Di jurnal ini kita dapat menyimpulkan bahwa
Produk yang dikembangkan yaitu media pembelajaran berupa aplikasi Android. Yang
juga dapat dioperasikan pada komputer atau laptop dengan sistem operasi
Windows. Installer aplikasi dikemas dalam bentuk compact disc (CD).Aplikasi ini
menyajikan enam sub bahasan materi jarak dalam ruang dimensi tiga, yaitu (1)
menentukan jarakdua titik, (2) menentukan jarak titik ke garis, (3) menentukan
jarak titik ke bidang, (4) menentukan jarak dua garis, (5) menentukan jarak
garis ke bidang, dan (6) menentukan jarak dua bidang. Pada aplikasi ini terdapat beberapa menu utama,
yaitu menu kompetensi, prasyarat, materi, evaluasi, glosarium, dan tentang
aplikasi. Menu “Kompetensi” berisi kompetensi-kompetensi yang diharapkan akan
dikuasai pengguna setelah memepelajari materi yang disajikan pada aplikasi.
Pada menu “Prasyarat” berisi sejumlah pertanyaan untuk mengetes pemahaman
pengguna akan materi prasyarat yang diperlukan sebelum mempelajari materi yang disajikan.
Setelah mempelajari materi yang disajikan pada menu “Materi”, pengguna dapat
mengetes pemahaman terhadap materi yang disajikan pada menu “Evaluasi”. Selain
itu, terdapat menu “Glosarium” yang berisi beberapa istilah yang terkait dengan
materi yang disampaikan. Sementara menu “Tentang Aplikasi” berisi gambaran
singkat tentang aplikasi. Hasil uji
kelayakan diperoleh 96,43% untuk ahli media, 89,28% untuk ahli materi, 81,52%
untuk praktisi lapangan, dan 83,49% untuk sasaran pengguna. Oleh karena itu,
aplikasi yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada
materi dimensi tiga. Media pembelajaran yang dikembangkan memiliki beberapa
keunggulan dan kelemahan. Keunggulan media pembelajaran yang dikembangkan,
yaitu dapat dioperasikan pada perangkat berbasis Android dan Windows;
menyajikan materi jarak dalam ruang dimensi tiga dengan menarik dan mudah
dipahami; menyajikan contohcontoh permasalahan yang bervariasi dengan tingkat
kesulitan yang bertingkat; penyajian materi dilengkapi dengan gambar dan animasi
untuk membantu siswa memahami materi. Selain keunggulan-keunggulan yang telah
disebutkan sebelumnya, media pembelajaran yang dikembangkan juga memiliki
kelemahan. Adapun kelemahan media pembelajaran yang dikembangkan antara lain
tidak dapat dioperasikan pada perangkat mobile dengan sistem operasi selain
Android;animasi bangun tiga dimensi belum dalam animasi 3D; dan interaktivitas
media masih kurang.
Komentar
Posting Komentar